Mengenal ELMOBPELA SMK Negeri 2 Surakarta - OSIS SMAKADUTA
Headlines News :
Home » » Mengenal ELMOBPELA SMK Negeri 2 Surakarta

Mengenal ELMOBPELA SMK Negeri 2 Surakarta

Written By Unknown on Selasa, 17 Juli 2012 | 15.14

Perhimpunan Pelajar Pecinta Alam Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 2 Surakarta ELMOBPELA, merupakan organisasi sebagai wadah kegiatan bagi pelajar yang mempunyai minat dalam kegiatan alam bebas dan kepecintaalaman.


SEJARAH BERDIRINYA ELMOBPELA ]
Pada tanggal 27 Juli 1985, di lokasi Wisata Terbang Layang (Gantole) Wonogiri, sekelompok pelajar STM 1 Surakarta (SMKN 2) sepakat membentuk suatu wadah pecinta alam. Hal ini mengingat sejak berdirinya STM 1 Surakarta belum ada wadah yang menampung aspirasi pelajar pecinta alam dilingkungan sekolah, yang saat itu membentuk sendiri kelompok-kelompok kecil untuk melakukan kegiatan sendiri. Dalam pembentukan wadah ini tentu sangat diperlukan adanya nama sebagai identitas. Mereka sepakat wadah yang dibentuk ini dinamakan “ELMOBPELA”, diambil dari rumpun yang ada di STM 1 Surakarta saat itu, yaitu Elektronika Listrik Mesin Otomotif Pecinta Alam.
Sebagai suatu organisasi, ELMOBPELA mengalami pasang surut dalam kegiatannya. Pada 1998, lima anggota pecinta alam SMKN 2 Surakarta merasa terpanggil untuk mengembalikan nama besar ELMOBPELA dikalangan masyarakat pecinta alam. Dipuncak gunung Merbabu mereka sepakat dan berjanji untuk mengaktifkan kegiatan dan mengembalikan kejayaan ELMOBPELA seperti masanya dulu.
Untuk mengenang dan mengabadikan ikrar tersebut, mereka membangun sebuah tugu ketinggian di titik triangulasi puncak Kenteng Songo 3142 Mdpl. Dengan harapan nama ELMOBPELA tidak terkubur dan kokoh seperti gunung dan semoga anggota baru ELMOBPELA bisa mengambil hikmah untuk tidak mudah menyerah menghadapi rintangan demi perjuangan mengibarkan bendera ELMOBPELA dipelosok negeri dan dunia.
ELMOBPELA sendiri mempunyai cita-cita untuk selalu menjaga / memelihara kelestarian dan kelangsungan demi kesinambungan alam dan lingkungan dari setiap perusak, pencemar maupun pemusnah lingkungan alam tersebut.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. OSIS SMAKADUTA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template