Mengenal Rohis SMK Negeri 2 Surakarta - OSIS SMAKADUTA
Headlines News :
Home » » Mengenal Rohis SMK Negeri 2 Surakarta

Mengenal Rohis SMK Negeri 2 Surakarta

Written By Unknown on Selasa, 17 Juli 2012 | 01.03

Hai... Sudah penah dengar kata ROHIS??? Sudah tak asing lagi bukan? Umm..tapi mungkin ada juga yang belum tahu tentang apa itu rohis. Okelah.. Ini ada sedikit penjelasan mengenai rohis, khususnya yang ada di SMK Negeri 2 Surakarta tercinta ini.

Apa itu rohis???
Rohis berasal dari kata "Rohani" dan "Islam", yang berarti sebuah lembaga untuk memperkuat keislaman. Rohis biasanya dikemas dalam bentuk ekstrakurikuler (ekskul). Padahal fungsi rohis yang sebenarnya adalah forum, mentoring, dakwah, dan berbagi. Susunan dalam rohis layaknya OSIS, di dalamnya terdapat ketua, wakil, bendahara, sekretaris, dan divisi-divisi yang bertugas pada bagiannya masing-masing. Rohis umumnya memiliki kegiatan yang terpisah antara anggota pria dan wanita hal ini dikarenakan perbedaan muhrim di antara anggota. Kebersamaan dapat juga terjalin antar anggota dengan rapat kegiatan serta kegiatan-kegiatan di luar ruangan. Utama rohis mendidik siswa menjadi lebih islami dan mengenal dengan baik dunia keislaman, dalam pelaksanaannya anggota rohis memiliki kelebihan dalam penyampaian dakwah dan bernyanyi lagu-lagu islam atau bernasyid, hal itu karena dalam kegiatannya rohis juga mengajarkan hal tersebut. (source:http://id.wikipedia.org/wiki/Rohis)

Rohis SMK N 2 Surakarta
Rohis yang ada di SMK Negeri 2 Surakarta tumbuh seperti rohis-rohis pada umumnya. Untuk ikhwan (laki-laki) biasanya melakukan kajian rutin setiap hari Jumat setelah melakukan ibadah sholat Jumat di masjid At Taqwa, masjid di SMK Negeri 2 Surakarta. Sedangkan yang akhwat (wanita), juga melakukan kegiatan yang sama, namun tidak dalam waktu dan tempat yang sama dengan yang ikhwan. Rohis Nissa' melakukan kajian rutin setiap hari Jumat yang dilaksanakan saat ikhwan sedang beribadah sholat Jumat. Tempatnya menyesuaikan keadaan.

Banyak kegiatan yang dilakukan oleh rohis. Untuk yang ikhwan, kegiatannya meliputi kajian rutin tiap hari Jumat, belajar bahasa Arab, dan lain-lain. Untuk yang akhwat juga melakukan kajian rutin (liqa'), refreshing, kajian outdoor, dan lain-lain, tergantung dari proker (program kerja) yang disusun. Setiap diadakan acara-acara yang besar seperti pengajian akbar untuk memperingati maulid Nabi Muhammad, kegiatan memperingati Idul Adha, kegiatan Pesantren Ramadhan, dan berbagai kegiatan yang besar lainnya, rohis ikhwan dan nissa' saling bekerja sama agar kegiatan tersebut berlangsung dengan lancar. Karena akan sangat kesulitan jika hanya rohis ikhwan atau yang nissa' saja yang mengurusi berlangsungnya kegiatan. So..meskipun terpisah, tapi tetap satu jua. hihihihi...

Ok deh. Mungkin cukup ini dulu aja ya. Lain kali disambung lagi deh. Tunggu info selanjutnya yaa..
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. OSIS SMAKADUTA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template